Get this gadget at facebook popup like box

Sabtu, 17 Desember 2011

STUDI KRITIS TERHADAP HADITS NABI TENTANG TALQIN MAYYIT DENGAN MEMBACA TAHLIL DAN YASIN 4365


STUDI KRITIS TERHADAP HADITS NABI TENTANG TALQIN MAYYIT DENGAN MEMBACA TAHLIL DAN YASIN 4365

Talqin adalah amalan yang biasa dilakukan oleh umat Islam kepada orang yang meninggal dunia. Bahkan ini sudah menjadi budaya. Sehingga, ketika ada orang yang meninggal dunia tidak ditalqinkan, seakan hal itu adalah sebuah pelanggaran adat. Talqin sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan umat Islam dalam menolong saudaranya yang meninggal dunia. Sudah menjadi tradisi yang tertutup dari kritik.
Talqin biasanya dilakukan ketika orang yang ditalqin tersebut sudah meninggal dunia, ketika sudah dikebumikan. Dengan memberikan pertanyaan beserta jawaban seputar tauhid, yang dilakukan oleh tokoh agama masyarakat setempat. Itu dilakukan diatas kubur orang yang sudah meninggal.
Tradisi lain yang sudah mengakar di masyarkat Islam adalah membaca Surat Yasin kepada orang yang sudah meninggal dunia, baik sebelum dikuburkan atau setelahnya. Yang menjadi pertanyaan adalah apakah ajaran talqin dan membaca Surat Yasin sesuai apa yang diajarkan Nabi? Itulah yang mencoba penulis telusuri dalam skripsi sederhana ini.
Setelah melakukan penelitian, hadits yang menerangkan talqin secara kualitas bisa dikatakan shahih, karena tidak ada satu rawi pun, dalam dua jalur yang diteliti (Abu Said Al-Khudri dan Abu Hurairah), yang terdapat kecacatan. Sehingga, hadits tersebut secara yuridis dapat dijadikan pijakan hukum pengamalan.  DOWNLOAD FILE LENGKAPNYA

0 komentar:

Posting Komentar