Get this gadget at facebook popup like box

Sabtu, 17 Desember 2011

PENGALAMAN SPIRITUAL JAMAAH HAJI DALAM MENEMUKAN MAKNA HIDUP di Dusun Pendem, Desa Banaran, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang 4608


PENGALAMAN SPIRITUAL JAMAAH HAJI DALAM MENEMUKAN MAKNA HIDUP di Dusun Pendem, Desa Banaran, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang 4608

Masalah makna, pengalaman spiritual dan non spiritual manusia merupakan persoalan yang harus diungkap dengan sungguh-sungguh dan terarah agar dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk konsep pengembangan diri bagi manusia yang merindukan makna dalam hidupnya.
Persoalan makna hidup sangat erat kaitannya dengan pengalaman hidup manusia baik itu pengalaman spiritual maupun non spiritual. Untuk mengungkap makna tersebut merupakan tantangan besar yang nantinya akan dijadikan sebuah pengantar menuju hidup penuh makna melalui pengungkapan pengalaman spiritual jamaah haji dalam menemukan makna hidup.
Sebagai gambaran awal Dusun Pendem merupakan bagian dari Desa Banaran, yang terletak di Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang. Dusun Pendem merupakan desa yang semua warganya penganut agama Islam, selain itu warganya peduli gotong-royong dan taat beribadah. Dapat terlihat dari warga yang sudah banyak yang melaksanakan ibadah haji. Tetapi persoalan pengalaman dan makna dari sebuah perbuatan hanya dapat terungkap melalui cerita-cerita sepintas yang kadang dapat terhapus oleh memori yang baru, sehingga makna tidak terungkap dengan maksimal untuk diimplementasikan dalam kehidupan, sehingga menjadikan peluang terjadinya krisis multi dimensi (ekonomi, sosial, politik, hukum, budaya, moral, dan sebagainya) di Dusun Pendem. Dusun Pendem merupakan dusun yang terdapat jamaah haji dengan pengalaman spirirual yang bervariasi, karena perbedaan latar belakang pengetahuannya yang berbeda dan keadaan ekonomi yang berbeda. Dengan mengungkapkan pengalaman beribadah haji, jamaah haji mencoba untuk mendapatkan makna apa yang tersirat didalamnya, yang nantinya diharapkan dapat diimplementasikan dalam kelangsungan hidupnya yang diharapkan akan mendapatkan makna. Dari fenomena tersebut penulis jadikan alasan untuk melakukan penelitian ini.
Adapun pokok permasalahan yang penulis teliti yaitu, bagaimana pengalaman spiritual jamaah haji dan bagaimana upaya jamaah haji Dusun Pendem, Desa Banaran, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang, dalam menemukan makna hidup.
Sebagai hasil akhir dari peneitian ini penulis dapat menyimpulkan bahwa mengenai pengalaman spiritual jamaah haji dalam menemukan makna hidup mampu mengungkap makna-makna spiritual yang tersembunyi di balik indahnya ibadah haji yang dapat memunculkan motivasi baru bagi peneliti, pembaca dan khususnya jamaah haji dalam menjalani kehidupannya di hari esok yang lebih baik, mengendalikan konflik pribadi jamaah haji, dan menunjukkan terungkapnya keagungan Allah SWT. melalui ciptaan- Nya.
Adapun faktor pendukung terungkapnya makna hidup melalui pengalaman spiritual jamaah haji adalah, stimulus yang dapat membangkitkan memori ingatan jamaah melalui pertanyaan-pertanyaan dan benda-benda, serta kenyataan hidup yang mereka alami melalui proses persepsi, yang kemudian tersimpan dalam memori jamaah haji, sehingga dapat diungkapkan. Selain itu faktor latar belakang pengetahuan jamaah haji juga sangat berpengaruh, serta usaha lahiriyah dan batiniyahnya yang mendapatkan ridha dari Allah SWT.. DOWNLOAD FILE LENGKAPNYA

0 komentar:

Poskan Komentar