DINAMIKA PSIKOLOGI PENGEMBANGAN
BAKAT DAN MINAT ANAK REMAJA CACAT GANDA (CACAT FISIK DAN PSIKIS) USIA 15-18
TAHUN :STUDI ANALISIS DI YAYASAN PEMBINAAN ANAK CACAT (YPAC) SEMARANG 3819
Penelitian yang berjudul
"Dinamika Psikologi Pengembangan Bakat dan Minat Anak Remaja Cacat Ganda
(Cacat Fisik dan Psikis) Usia 15-18 Tahun (Studi Analisis di Yayasan Pembinaan
Anak Cacat (YPAC) Semarang)" dilatarbelakangi oleh adanya ketrampilan dan
seni yang bersifat untuk menggali bakat dan minat anak-anak cacat di YPAC
Semarang. Pada dasarnya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses
pengembangan bakat dan minat anak remaja cacat ganda di YPAC Semarang, dinamika
psikologi pengembangan bakat dan minat anak remaja cacat ganda di YPAC
Semarang, dan faktor yang mempengaruhi pengembangan bakat dan minat anak remaja
cacat ganda di YPAC Semarang.
Penelitian ini merupakan penelitian
lapangan (field research) yang menggunakan metode pengumpulan data observasi
dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana proses pengembangan bakat dan minat
anak remaja cacat ganda di YPAC Semarang dinamika psikologi pengembangan bakat
dan minat anak remaja cacat ganda di YPAC Semarang, dan faktor yang
mempengaruhi pengembangan bakat dan minat anak remaja cacat ganda di YPAC
Semarang, kemudian metode wawancara yang ditujukan pada anak remaja cacat ganda
dan para pengajar dan kepala sekolah yang ada di YPAC Semarang, dan yang
terakhir adalah metode dokumentasi yang digunakan untuk mendapatkan data
tambahan yang berkaitan dengan penelitian ini.
Analisis datanya menggunakan
deskriptif kualitatif, yakni suatu analisis penelitian yang dimaksudkan untuk
mendeskripsikan suatu situasi tertentu yang bersifat aktual secara sistematis
dan akurat.
Hasil analisis penelitian ini, mengindikasikan
bahwasanya proses pengembangan bakat dan minat anak remaja di YPAC Semarang
dimulai dengan mengetahui terlebih dahulu jenis kecacatannya, tingkat
kecerdasan yang dimiliki oleh anak-anak tersebut dan bakat dan minat anak
didik. Setelah diketahui jenis kecacatan, tingkat kecerdasan, dan bakat dan
minatnya, maka anak didik diarahkan oleh pengajarnya untuk fokus terhadap
keterampilan yang sesuai dengan siswa didik. Selanjutnya, para pengajar di YPAC
Semarang melatih anak didik tersebut sesuai dengan bakat dan minat yang
digemarinya sampai anak didik tersebut benar-benar menguasainya. Dinamika
psikologi pengembangan bakat dan minat anak remaja cacat ganda di YPAC ini,
terkadang siswa merasa malas untuk melakukan kegiatan, mungkin karena mereka mempunyai
masalah atau karena bosan. Ini bisa jadi penghambat demi pengembangan bakat dan
minat siswa. Apalagi anak remaja, pada masa ini masa peralihan atau masa
transisi sehingga perlu perhatian khusus dari pihak guru untuk memperhatikan
anak didiknya. Demi tercapainya ini semua, guru dan siswa harus sejalan. Faktor
yang mempengaruhi pengembangan bakat dan minat anak remaja cacat ganda di YPAC
Semarang bisa dibagi menjadi 4, yaitu faktor fisik, faktor psikis, faktor
pengajaran guru dan faktor dorongan dari orang tua. DOWNLOAD
FILE LENGKAPNYA
0 komentar:
Posting Komentar