Get this gadget at facebook popup like box

Sabtu, 17 Desember 2011

METODE DAN CORAK TAFSIR FAIDH AR-RAHMAN KARYA MUHAMMAD SHALEH IBN UMAR AS-SAMARANI (1820 -1903 M)


METODE DAN CORAK TAFSIR FAIDH AR-RAHMAN KARYA MUHAMMAD SHALEH IBN UMAR AS-SAMARANI (1820 -1903 M) 

penelitian tentang Metode dan Corak Tafsir Faidh al-Rahman fi Tarjamah Tafsir Kalam Malik ad-Dayyan Karya Muhammad Shaleh Darat. Fakultas Ushuluddin IAIN Walisongo Semarang 2010. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dan mengkaji bentuk (pendekatan), metode dan corak penafsiran Muhammad Shaleh Darat dalam Tafsir Faidh al-Rahman fi Tarjamah Tafsir Kalam Malik ad-Dayyan dan untuk mengetahui dan menemukan kelebihan dan kekurangan yang terdapat dalam Tafsir Faidh al-Rahman serta mencari sebab-sebab yang melatar-belakangi penulisan Tafsir Faidh al-Rahman tersebut oleh Muhammad Shaleh Darat.
Ada beberapa alasan mengapa penulis mengangkat Tafsir Faidh al-Rahman fi Tarjamah Tafsir Kalam Malik ad-Dayyan dan metode dan corak penafsiran Muhammad Shaleh Darat. Alasan Pertama, Kitab tafsir Faidh al-Rahman fi Tarjamah Kalam Malik ad-Dayyan dalam uraiannya menggunakan corak al-Isyari. Alasan kedua ialah, Muhammad Shaleh Darat dalam menafsirkan ayat-ayat al-Quran menggunakan huruf pegon agar bisa dipahami oleh masyarakat pada saat itu. Alasan Ketiga ialah, Dalam sejarah pesantren, Muhammad Shaleh Darat disebut sebagai Delegator Pesantren. Karena dia tidak pernah ikut membesarkan pesantren orang tuanya, sebagaimana mafhumnya anak kiai, dia justru lebih memilih berdikari untuk memajukan pesantren orang lain dan membuat pesantren sendiri,

Kajian ini merupakan penelitian kepustakaan (Library research) yang sasarannya adalah metode dan corak penafsiran Muhammad Shaleh Darat dalam Tafsir Faidh al-Rahman fi Tarjamah Tafsir Kalam Malik ad-Dayyan.
Sumber data penelitian ini bersumber dari dua data; primer dan sekunder, sumber primernya adalah. Tafsir Faidh al-Rahman fi Tarjamah Tafsir Kalam Malik ad-Dayyan, Sedangkan sumber sekunder yang digunakan adalah buku-buku yang terkait dengan Muhammad Shaleh Darat dan ilmu-ilmu yang terkait dalam berbagai disiplin ilmu khususnya Ilmu Tafsir. Metode Pengumpulan Data adalah dengan menggunakan metode dokumentasi, penelitian ini bersifat kualitatif berupa penelitian kepustakaan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini akan disesuaikan dengan objek permasalahan yang dikaji. Sebagaimana tersebut di atas, objek penelitian yang dikaji dalam tulisan ini, berupa pemikiran maka objek penelitian tersebut dianalisis dengan mengunakan analisis deskriptif yang meliputi dua jenis pendekatan. Pendekatan analisis isi (content analysis) dan Pendekatan Sosio-Historis.

Dalam Tafsir Faidh al-Rahman fi Tarjamah Tafsir Kalam Malik ad-Dayyan, Muhammad Shaleh Darat mengambil berbagai penjelasan yang bersumber dari para mufassir terdahulu. Muhammad Shaleh Darat menggunakan metode ijmali dalam menafsirkan ayat-ayat al-Quran. Dan corak yang digunakan Muhammad Shaleh Darat dalam menafsirkan Al-Quran adalah corak fiqih dan corak tasawuf. 
DOWNLOAD FILE LENGKAPNYA

0 komentar:

Posting Komentar