Relevansi Bimbingan Keagamaan Terhadap Perilaku
Agresif Pada Siswa di SMA Ronggolawe Semarang 4361
Pada umumnya perilaku agresif
merugikan orang lain baik secara langsung maupun tidak langsung. Untuk
mengendalikan perilaku agresif, maka diperlukan bimbingan keagamaan yang
bertujuan meningkatkan pemahaman, pendalaman, dan pengamalan ajaran-ajaran
agama yang dapat diperoleh dari pendidikan di sekolah, keluarga, dan
masyarakat.
SMA Ronggolawe Semarang merupakan
salah satu sekolah swasta yang ada di Semarang. Dan SMA Ronggolawe Semarang
juga merupakan salah satu sekolah di Semarang yang terkenal dengan stigma
masyarakat tentang kenakalan perilaku siswanya. Hal ini diperkuat oleh fakta
yang penulis temukan dalam observasi awal, yang menjelaskan bahwa terdapat
perilaku agresif yang berupa pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan oleh siswa
dalam buku laporan kasus SMA Ronggolawe Semarang. Tetapi penulis juga menemukan
fakta tentang adanya bimbingan keagamaan di SMA Ronggolawe Semarang.
Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui bagaimana perilaku agresif siswa di SMA Ronggolawe Semarang, dan
bagaimana pelaksanaan bimbingan keagamaan menangani perilaku agresif siswa di
SMA Ronggolawe Semarang.
Jenis penelitian ini merupakan
penelitian Field Research, yaitu sebuah penelitian yang menggunakan informasi
yang diperoleh dari sasaran penelitian yang disebut informan atau responden
melalui instrumen pengumpulan data, seperti angket, wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Kemudian hasil data yang telah dikumpulkan dianalisis dengan
menggunakan metode deskriptif kualitatif
0 komentar:
Posting Komentar