Get this gadget at facebook popup like box

Minggu, 18 Desember 2011

PENAFSIRAN M. QURAISH SHIHAB TERHADAP AYAT-AYAT TENTANG PENCIPTAAN ALAM SEMESTA 3796


PENAFSIRAN M. QURAISH SHIHAB TERHADAP AYAT-AYAT TENTANG PENCIPTAAN ALAM SEMESTA 3796


Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penafsiran M. Quraish Shihab terhadap ayat-ayat tentang penciptaan alam semesta dalam tafsir al-misbah? (2) Bagaimana relevansi penafsirannya dengan teori-teori ilmu pengetahuan? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Memahami penafsiran M. Quraish Shihab terhadap ayat-ayat penciptaan alam semesta dalam tafsir al-misbah. (2) Agar dapat mengetahui dan memahami penafsiran M. Quraish Shihab serta penjelasannya terhadap ilmu pengetahuan.
Penelitian ini bersifat penelitian kepustakaan (Library Research), sehingga data yang diperoleh adalah berasal dari kajian teks atau buku-buku yang relevan dengan pokok masalah di atas. Metode-metode yang gunakan adalah: Metode deskriptif-analitik. Dengan cara deskriptif dimaksudkan untuk menggambarkan pandangan atau penafsiran M. Quraish Shihab tentang penafsiran ayat-ayat penciptaan alam semesta, penelitian ini juga menggunakan metode analisis isi (Content Analysis) dan metode mudhu'iy. Dalam analisis ini, penulis menggunakan pendekatan interpretasi. Ini artinya penyusun menyelami pemikiran M. Quraish Shihab dalam tafsir al-Misbah mengenai penafsiran ayat-ayat tentang penciptaan alam semesta.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penafsiran yang dilakukan oleh M. Quraish Shihab terhadap ayat-ayat tentang penciptaan alam semesta diterangkan cukup panjang dengan menyajikan data mengenai terbentuknya alam raya beserta isinya dengan mengemukakan kehebatan ilmu yang terkandung di dalamnya, langit (ruang alam) dan bumi (ruang materi) sebelum dipisahkan oleh Allah merupakan sesuatu yang padu. Hal ini berisi bahwa sebelum sistem tata surya terbentuk, alam semesta merupakan satu kumpulan, seperti yang telah disebutkan dalam al-Qur'an surat al-Anbiya' ayat 30.
Berdasarkan hasil penelitian ini, diharapkan dapat menjadi informasi, pengetahuan, masukan serta sumbangsih pemikiran bagi mahasiswa, serta semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Ushuluddin DOWNLOAD FILE LENGKAPNYA

0 komentar:

Poskan Komentar