Get this gadget at facebook popup like box

Minggu, 18 Desember 2011

PENGARUH TERAPI BEKAM TERHADAP KESEHATAN PSIKIS (STUDI ANALISIS PUSAT KESEHATAN HOLISTIK "ZAHRA" KOTA SEMARANG) 3793


PENGARUH TERAPI BEKAM TERHADAP KESEHATAN PSIKIS (STUDI ANALISIS PUSAT KESEHATAN HOLISTIK "ZAHRA" KOTA SEMARANG) 3793


Penelitian dengan judul "Pengaruh Terapi Bekam Terhadap Kesehatan Psikis (Studi Analisis Pusat Kesehatan Holistik "Zahra" Kota Semarang)" dilaksanakan oleh Nikmatul Hamidah (4103014), yang dilatarbelakangi oleh digunakannya terapi bekam sebagai metode penyembuhan penyakit psikis oleh Pusat Kesehatan Holistik Zahra Kota Semarang. Adapun permasalahan dalam penelitian ini berkaitan dengan proses penyembuhan penyakit melalui terapi bekam.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang pengumpulan datanya dilakukan dengan metode wawancara dan dokumentasi. Sedangkan proses analisis dilakukan dengan mendasarkan pada metode analisis deskriptif kualitatif.
Berdasarkan hasil yang diperoleh, dapat dijelaskan bahwa terapi bekam yang dilakukan di Klinik Zahra Kota Semarang merupakan terapi pengobatan yang dilakukan dengan cara penyedotan darah kotor. Pelaksanaan terapi ini terbagi ke dalam dua tahapan, yakni tahap persiapan dan tahap pelaksanaan. Pada tahap persiapan mencakup persiapan-persiapan yang berhubungan dengan kesiapan pasien dalam melakukan terapi bekam. Sedangkan pada tahap pelaksanaan terapi bekam mencakup ketentuan pelaksanaan bekam bagi pasien. Dalam melaksanakan terapi bekam, terapis dan pasien diharuskan untuk berdoa sebelum melaksanakan terapi bekam. Setelah pelaksanaan terapi bekam, pasien diberikan pijatan rileks dan anjuran untuk mengatur pola makan.
Menurut penulis, terapi bekam yang dilaksanakan di Klinik Zahra memiliki hubungan dan pengaruh bagi kesehatan psikis manusia. Dibuangnya darah kotor dan sumbatan darah akan memperlancar sari-sari makanan yang sehat bagi tubuh sehingga proses perbaikan sel yang rusak segera teratasi dan akan menimbulkan dampak sehat bagi pasien. Fisik yang telah sehat kembali tersebut pada akhirnya akan membawa perubahan terhadap kesehatan psikis bagi pasien. Faktor keberhasilan dari terapi bekam dalam mempengaruhi kesehatan psikis disebabkan oleh dua hal, yakni faktor medis dan faktor non medis. Pada faktor medis, keberhasilan tersebut disebabkan adanya aliran darah yang lancar akan menjadikan sari makanan dapat diterima dengan baik dan tepat waktu oleh seluruh bagian tubuh sehingga produksi hormon sebagai pusat pengendalian tubuh manusia akan kembali "sehat". Sedangkan faktor non medis berkaitan erat dengan keberadaan doa yang berfungsi sebagai penenang jiwa sekaligus "jaminan" terkabulnya segala usaha penyembuhan manusia oleh Allah SWT yang mempunyai kekuasaan atas segala kekuatan kehidupan manusia di dunia.
Sebagai terapi yang tidak hanya berorientasi pada kesembuhan penyakit saja namun juga bertujuan untuk memupuk keimanan, maka terapi bekam sangat tepat dianjurkan dan ditetapkan sebagai salah satu alternatif pengobatan bagi umat Islam, sebagaimana dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. DOWNLOAD FILE LENGKAPNYA

0 komentar:

Posting Komentar