Get this gadget at facebook popup like box

Sabtu, 17 Desember 2011

KERUKUNAN ANTAR UMAT BERAGAMA (Studi Kasus Tentang Perayaan Hari Besar Umat Beragama Islam dan Agama Kong Hu Chu Di Kelurahan Kranggan Kecamatan Semarang Tengah Kota Semarang) 4931


KERUKUNAN ANTAR UMAT BERAGAMA (Studi Kasus Tentang Perayaan Hari Besar Umat Beragama Islam dan Agama Kong Hu Chu Di Kelurahan Kranggan Kecamatan Semarang Tengah Kota Semarang) 4931


Skripsi yang berjudul “Konsep Kerukunan Antar Umat Beragama (Studi Kasus Tentang Perayaan Hari Besar Umat Beragama Islam dan Agama Kong Hu Chu Di Kelurahan Kranggan Kecamatan Semarang Tengah Kota Semarang)” ini merupakan penelitian lapangan (field research). Adapun perumusan masalah adalah: a) Apa faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya hubungan antara warga yang beragama kong hu chu dan warga muslim di Kelurahan Kranggan Kecamatan Semarang Tengah Kota Semarang?, b) Apa faktor-faktor yang menjadi penghambat terjadinya hubungan antara warga yang beragama kong hu chu dan warga Muslim?.
Tujuan penelitian ini untuk: 1). Untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya hubungan baik antara warga yang beragama kong hu chu dan warga Muslim di Kelurahan Kranggan Kecamatan Semarang Tengah Kota Semarang. 2) Untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi penghambat terrjadinya hubungan antara warga yang beragama kong hu chu dan warga muslim.
Skripsi ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Sumber data diperoleh dari data primer (secara langsung) adalah hasil dari field research (penelitian lapangan) yaitu wawancara dengan tanya jawab responden seperti tokoh agama dan tokoh masyarakat di kelurahan Kranggan Kecamatan Semarang Tengah Kota Semarang dan data sekunder (tidak langsung) yaitu literature lainnya yang relevan dengan permasalahan yang dikaji. Adapun metode pengumpulan data yaitu dengan interview, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data adalah deskriptif analisis yang bertujuan untuk menggambarkan fenomena atau keadaan kerukunan masyarakat di kelurahan Kranggan Kecamatan Semarang Tengah Kota Semarang. Hasil penelitian ini yaitu:
Terjadinya kerukunan umat di Kelurahan Kranggan tidak lepas dari beberapa faktor di antannya:
1. Ajaran Agama
Karena dalam ajaran setiap agama yang dianut dan diyakini oleh setiap umatnya masing-masing mengajarkan untuk saling menyayangi dan menhormati satu dengan yang lain.
2. Peran pemerintah setempat
Dalam menjalakan roda pemerintahan di Kelurahan karanggan, pemerintah setempat sangat mengutamakan untuk bias menjaga kerukuna warganya. Sehingga dalam menjalankan roda pemerintakhan tidak mebeda-bedakan warga yang satu dengan yang lain.
3. Peran pemuka agama setempat
Peran pemuka agama yang bisa menjaga kaumnya untuk bisa hidup rukun dan berdampinga dengan warga yang lain. Memudahkan terbentuknya proses kerukunan antar warga. Selain itu pemaksimalan peran pemuka agama dalam menjaga, mengawasi dan mengayomi kaumnya mempunyai kontribusi yang besar terjalinnya kerukunan tersebut. DOWNLOAD FILE LENGKAPNYA

0 komentar:

Poskan Komentar