Get this gadget at facebook popup like box

Sabtu, 17 Desember 2011

PERAN MAJELIS DZIKIR SBY NURUSSALAM DALAM MENDUKUNG PEMERINTAHAN SUSILO BAMBANG YUDHOYONO (STUDY ANALISIS MAJELIS DZIKIR SBY NURUSSALAM JAKARTA) 4932


PERAN MAJELIS DZIKIR SBY NURUSSALAM DALAM MENDUKUNG PEMERINTAHAN SUSILO BAMBANG YUDHOYONO (STUDY ANALISIS MAJELIS DZIKIR SBY NURUSSALAM JAKARTA) 4932

Majelis dzikir merupakan bagian sentral yang sangat sakral di dalam dunia tasawuf atau sufisme, sebagai bagian dalam pencapaian kedekatan diri kepada Allah sang pecinta abadi. Dari kesakralan yang ada pada tasawuf dan majelis dzikir khususnya, akhir-akhir ini seolah sudah menjadi trend bagi para politisi memanfaatkannya sebagai sarana komunikasi politik bahkan sebagai wadah pendulangan suara terutama pada momen menjelang pemilu PILPRES, PILLEG, PILGUB, PILBUB, PILWAKOT, maupun PILKADES. Para politisi terlihat gagap dan begitu sigap ketika menyambut momen tersebut dengan maraknya penyelenggaraan majelis-majelis dzikir yang menjamur seantero jagat nasional. Ditanah air, semangat berdirinya sebuah majelis dzikir sangat jelas terlihat. Terlebih menjelang pemilu yang dari yayasan majelis dzikir itulah para politisi sibuk membungkus rapi semua kepentingannya kedalam bahasa agama yang pastinya akan memberikan nuansa positif dari apa yang mereka lakukan. Lebih khususnya citra positif yang akan jelas terbangun dalam masyarakat pada umumnya.
Majelis dzikir SBY nurussalam adalah satu dari sekian banyaknya majelis-majelis dzikir yang punya orientasi politik kekuasaan tersebut. Terbukti dengan didapatnya beberapa data dan fakta yang sudah peneliti lakukan di Yayasan majelis dzikir SBY nurussalam. Mulai dari perkembangan, aktifitas, dan perannya dalam pemerintahan SBY. Apalagi majelis ini terbukti mempunyai peran di dalam pemenangan Pemilu yang lalu dan ketika peneliti konfirmasi kepengurus pusat, mereka membenarkan semua itu. Ditambah lagi dengan beberapa fakta bahwa majelis bentukan SBY ini dikawal oleh beberapa pejabat Negara diantaranya para Menteri, tokoh politik, keluarga, kolega, dan para purnawirawan TNI maupun POLRI. Oleh karena itu, penelitian yang peneliti lakukan dengan menggunakan penelitian kualitatif yang dapat peneliti deskripsikan sebagai penyajian secara penuh dan utuh dengan tujuan untuk mengetahui majelis dzikir yang diselenggarakan oleh majelis dzikir SBY nurussalam dan menggali lebih dalam dari peran majelis Dzikir SBY Nurussalam dalam mendukung pemerintahan SBY. Banyak hal yang ingin peneliti gali dari majelis dzikir SBY nurussalam, berawal dari terinspirasinya peneliti terhadap buku ditulis oleh George Yunus Adidjondro yang di dalamnya banyak memaparkan berbagai macam cara dan strategi dari SBY melakukan KKN dan pemenangan pemilu dengan berafiliasi dengan beberapa yayasan yang sudah dibentuknya. Diataranya yayasan majelis dzikir SBY nurussalam yang peneliti lakukan penelitian, yang pastinya yayasan majelis dzikir tersebut sebagai bagian dari SBY dalam rangka melanggengkan kekuasaannya serta sebagai alat yang sangat efektif dalam menggalang kekuatan dan basis massa.
Yayasan Majelis Dzikir SBY Nurussalam yang sampai sekarang sudah terbentuk di 33 provinsi se Indonesia. Majelis dzikir SBY Nurussalam ternyata memang tidak hanya sebagai wadah orang-orang yang selalu berdzikir kepada sang khaliq, akan tetapi lebih dari itu. Dia bisa dimanfaatkan dan berfungsi sebagai alat kekuasaan yang sangat efektif diantaranya sebagai counter isu yang terbungkus rapi kedalam bahasa agama. Dari sini timbul pemikiran dari peneliti, bahwa siapapun yang memiliki orientasi kekusaan dan pemenangan dalam pemilu, orang tersebut tinggal membuat wadah yang sama atau sejenis dengan majelis dzikir SBY nurussalam tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar