Get this gadget at facebook popup like box

Sabtu, 17 Desember 2011

PENGARUH IBU BEKERJA DI LUAR KOTA TERHADAP KENAKALAN REMAJA DI DESA LUWIJAWA KECAMATAN JATINEGARA KABUPATEN TEGAL 4941


PENGARUH IBU BEKERJA DI LUAR KOTA TERHADAP KENAKALAN REMAJA DI DESA LUWIJAWA KECAMATAN JATINEGARA KABUPATEN TEGAL 4941

Kenakalan remaja, adalah salah satu permasalahan kita semua yang bisa dialami oleh semua remaja dari berbagai kalangan. Pada masa remaja adalah masa yang rawan, masa dimana remaja mempunyai keingintahuan yang besar dan keinginan untuk mencoba-coba sesuatu hal yang baru. Dalam perkembangannya remaja mengalami perubahan-perubahan kejiwaan yang dapat menimbulkan gejala negatif dan pada akhirnya mengarah kepada kenakalan remaja. Selain itu dalam perkembangannnya remaja mempunyai kebutuhan-kebutuhan yang perlu diberikan oleh orang tua supaya anak dapat mengembangkan dan mengaktualisasikan potensi-potensi yang dimiliki oleh seorang anak.
Kenakalan remaja menurut beberapa tokoh adalah perilaku atau perbuatan remaja yang menyimpang dari norma hukum serta agama yang ada dan menimbulkan kerisauan pada diri sendiri maupun kerisauan terhadap orang lain. Masalah kenakalan remaja adalah masalah yang harus segera diperhatikan dan harus segera ditangani. Permasalahan remaja ini tidak hanya terjadi di desa saja ataupun di kota-kota saja, tidak hanya pada remaja yang tidak ada ibunya atau yang ada ibunya. Tapi hal ini bisa terjadi pada remaja siapapun.
Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh pekerjaan ibu berada dirumah sebagai ibu rumah tangga, dan remaja yang ibunya bekerja di Luar dan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan pada tingkat kenakalan remaja yang ibunya berada dirumah sebagai ibu rumah tangga dan yang ibunya bekerja di luar di desa Luwijawa. Penelitian ini menggunakan jenis kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah remaja putra atau putri yang tinggal di desa Luwijawa akan tetapi peneliti mengambil sampel dari satu dukuh saja yaitu dukuh Kembang dengan jumlah responden 50 orang, yaitu 25 orang dari ibu rumah tangga dan 25 orang dari ibu yang bekerja di luar kota. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik purposive sample yaitu pengambilan subyek sudah jelas tujuannya yaitu remaja yang ibunya sebagai ibu rumah tangga dan bekerja di luar dan teknik pengambilan sampel kedua digunakan quota sample yang didasarkan pada jumlah responden yang telah ditentukan dari awal yaitu sebanyak 50 responden yang dibagi menjadi 2 kelompok. Metoda yang digunakan adalah sekala.
Penghitungan analisis data dalam hasil penelitian ini menggunakan analisis independent sample T-test. Setelah dilakukan analisis independent sample T-test, diperoleh nilai maen ibu rumah tangga (17.84) lebih kecil dari pada ibu pekerja (18.32), maka dari hasil analisa data yang dilakukan diketahui bahwa ada pengaruh pekerjaan ibu yang Bekerja di luar terhadap kenakalan remaja di Desa Luwijawa, dengan kata lain hipotesis diterima. DOWNLOAD FILE LENGKAPNYA

0 komentar:

Posting Komentar